Bisnis tidak hanya untung rugi ...


Akibat Berdagang Tanpa Mengetahui Hukum Syariat

Umar bin Khattab pernah memperingatkan orang-orang yang tidak paham prinsip muamalah untuk tidak berdagang di pasar. Umar radhiyallahu ‘anhu berkata, “Janganlah seseorang berdagang di pasar kami sampai ia paham betul mengenai seluk beluk riba.” Jika tidak apakah akibatnya?
Tentu saja akibatnya adalah parah. Ia akan mendapati banyak keburukan karena terjerumus dalam yang diharamkan, seperti riba, gharar dan kezhaliman yang lainnya.

Orang seperti ini tidak akan mendatangkan kebaikan. Umar bin Abdul Aziz rahimahullah berkata: “Barangsiapa yang beribadah kepada Allah tanpa Ilmu, maka ia akan membuat banyak kerusakan daripada mendatangkan kebaikan.” Contohnya jika seseorang tidak memahami apa itu riba, maka ia akan menuai bahaya yang besar.

Uang kembalian pembeli saja jika tidak tahu, bisa menjadi riba jika terjadi penundaan.

Ali bin Abi Thalib mengatakan, “Barangsiapa yang berdagang namun belum memahami ilmu agama, maka ia pasti akan terjerumus ke dalam riba, kemudian akan terjerumus ke dalamnya dan terus menerus terjerumus.” Ingatlah Saudaraku, “Bisnis tidak hanya Untung dan Rugi, tapi juga Surga dan Neraka.” Mari terus semangat belajar.

Semoga Allah mudahkan kita semua menuntut ilmu syari.


Sumber: https://www.instagram.com/p/BgnNurtDhqe/

Yufi Eko Firmansyah

Seseorang yang hobinya ngoding, desain, terus membaca, dan belajar untuk lebih bermanfaat bagi sekitarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar